Cara Menghilangkan Jerawat

April 8, 2022 By admin 0

Kebanyakan orang menemukan diri mereka menderita wabah jerawat di beberapa titik biasanya selama masa remaja mereka ketika mereka mengalami pubertas. Entah itu karena hormon atau stres. Berlawanan dengan kepercayaan populer, jerawat tidak selalu berarti kulit Anda kotor atau tidak bersih โ€“ pada kenyataannya, pembersihan berlebihan dapat mengiritasi kulit Anda bahkan lebih. Namun, hormon tidak terkendali, dan ada perubahan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat Anda. Anda dapat memiliki kulit bercahaya, sehat, dan bebas jerawat Anda kembali dalam waktu singkat.

Cuci wajah Anda dua kali sehari dengan pembersih benzoil peroksida. Benzoil peroksida adalah salah satu perawatan jerawat yang paling efektif. Hal ini ditemukan di banyak mencuci wajah. Cuci wajah Anda ketika Anda bangun di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. [1]Jika Anda dapat menemukannya, gunakan pencuci wajah yang mengandung partikel pengelupasan kulit untuk membantu menghaluskan kulit Anda.Jika Anda memiliki jerawat di bagian lain dari tubuh Anda seperti bahu, punggung, dan dada, berikan area ini scrubbing dua kali sehari juga dengan pembersih yang sama seperti yang Anda gunakan di wajah Anda.Jika Anda memakai makeup, jangan pernah tidur tanpa mencuci semuanya. Tidur dengan makeup adalah cara yang pasti untuk meningkatkan jumlah jerawat Anda dan membuat menyingkirkan jerawat Anda bahkan lebih sulit. Gunakan penghapus makeup bebas minyak sebelum mencuci dengan pembersih biasa Anda untuk memastikan semua jejak telah dihapus.

Oleskan toner asam salisilat. Tepuk wajah Anda kering setelah dibersihkan dengan handuk bersih. Tuang sedikit toner ke bola kapas dan oleskan secara merata di atas wajah Anda. Toner akan membantu merawat kulit Anda setelah pembersihan, dan asam salisilat dapat melawan jerawat. [2]Beberapa toner datang sebagai tisu atau bantalan. Yang lain mungkin semprotan.

Iklan

Spot mengobati jerawat dengan gel benzoil peroksida. Gel ini dapat dibeli dari toko kelontong, apotek, dan toko kecantikan. Oleskan titik gel pada jerawat dan tepuk-tepuk dengan jari yang bersih. Carilah produk dengan 3% atau kurang dari benzoil peroksida untuk menghindari iritasi kulit Anda. [3]

Oleskan pelembab non-comedogenic setelah mengobati jerawat Anda. Produk jerawat dapat mengeringkan atau mengiritasi kulit Anda. Pelembab dapat membantu mengembalikan kelembaban dan melembabkan kulit Anda. Oleskan pelembab setelah membersihkan dan merawat kulit Anda. Pastikan untuk memilih pelembab non-comedogenic. Ini berarti bahwa pelembab tidak akan menyebabkan jerawat. [4]Bahan umum dalam pelembab non-comedogenic termasuk gliserin, lidah buaya, dan asam hialuronat.

Cuci wajah Anda menggunakan minyak. Dikenal sebagai Oil Cleansing Method (OCM), ini adalah metode pembersihan yang populer di Asia, dan merupakan tren yang berkembang. OCM adalah metode pembersihan alternatif yang lebih lembut untuk kulit, dan menarik untuk jenis kulit sensitif.Lihatlah minyak seperti minyak zaitun, minyak telur, minyak biji anggur, minyak jarak, dan minyak emu.

Eksfoliasi wajah Anda. Eksfoliasi adalah produk scrubbing ringan yang bekerja untuk mengelupas (untuk menyingkirkan) sel-sel kulit mati yang menumpuk dan menyebabkan jerawat. Eksfoliasi bisa kimia atau fisik.Untuk pendekatan yang lebih lembut, gunakan exfoliator kimia, AHA (alpha hydroxy acid) atau BHA (beta hydroxy acid) pada pH antara 3 dan 4 untuk mengelupas kulit. Pengelupasan kimia yang tidak merekatkan kulit mati. [5]Produk BHA yang sering dikutip termasuk asam salisilat, harus antara pH antara 3 dan 4 untuk bekerja. BHA bekerja untuk mengelupas (untuk menyingkirkan) sel-sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan kulit baru. Akibatnya, Anda mungkin mengalami kulit kering dan bersisik di sekitar jerawat Anda, tetapi ini akan hilang seiring waktu saat kulit Anda mulai beregenerasi lebih cepat. Gunakan ini dalam pembersih atau perawatan spot setiap hari di daerah yang terkena jerawat di kulit Anda. [6]Tablet aspirin, yang mengandung asam salisilat, BHA dapat digiling dan dicampur dengan air dan kemudian memakai jerawat Anda untuk mengurangi kemerahan dan pembengkakan.Gosokkan lapisan cahaya madu ke kulit Anda, dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat. Madu memiliki pH variabel dari 3 hingga 6, tetapi pada pH antara 3 dan 4, mengandung AHA yang akan mengelupas kulit.Untuk pengelupasan fisik, pertimbangkan untuk membeli spons konjac. Ini cukup lembut untuk digunakan pada wajah Anda.Untuk pengelupasan fisik, pertimbangkan untuk menggunakan oatmeal sebagai pengelupasan kulit. Campur oatmeal dengan madu dan gosokkan ke wajah Anda selama 2-3 menit, dan bilas residu dengan air hangat dengan lembut.

Oleskan minyak esensial ke jerawat aktif. Minyak nimba dan minyak pohon teh dianggap memiliki sifat antimikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Oleskan setetes minyak pohon teh atau minyak nimba yang diencerkan di setiap tempat, atau basahi kapas dan bersihkan di area yang bermasalah. [7]Minyak pohon teh adalah agen antibakteri yang dapat membantu membersihkan mikroba yang menyumbat kulit Anda. Hindari menggunakan minyak pohon teh murni โ€“ itu akan membakar kulit Anda, dan memperburuk jerawat. Baca label peringatan pada botol.

Gunakan masker tanah liat yang mengandung sulfur. Meskipun kita tidak tahu persis mengapa belerang bekerja sebagai pembunuh jerawat yang hebat, kita tahu bahwa itu berhasil. Carilah produk yang mengandung sulfur untuk membersihkan jerawat Anda, tampaknya dengan mengurangi produksi minyak.

Gunakan toner setelah pembersihan. Setelah Anda mencuci wajah, mengelupas, atau menerapkan masker wajah, menerapkan toner untuk seluruh wajah Anda. Toner bekerja untuk mengencangkan pori-pori sehingga kecil kemungkinan kotoran dan minyak akan terperangkap di dalamnya. Beli toner jerawat di toko obat lokal, atau gunakan witch hazel atau cuka sari apel yang dioleskan dengan bola kapas. Jangan membilas toner setelah aplikasi – biarkan mereka tetap berada di kulit Anda.

Selalu gunakan pelembab. Kulit berminyak menghasilkan jerawat, dan jika kulit Anda sangat kering, tubuh Anda akan mengimbangi dengan menciptakan sebum. Untuk mencegah hal ini terjadi, gunakan pelembab lembut setelah Anda mencuci muka setiap pagi dan sore hari. Oleskan aplikasi toner post moisturizer. [8]

Gunakan retinoid. Karena Retinoid adalah obat resep di AS, berhati-hatilah terhadap efek samping sebelum digunakan. Pembersih retinoid mengandung vitamin A tingkat tinggi, yang membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan melarutkan kotoran. Anda bisa mendapatkan resep untuk satu dari dokter Anda. Produk seperti retinoid OTC merek dagang tidak efektif.

Temukan produk yang mengandung asam azelaic. Asam azelaic adalah antibakteri yang juga membantu mengurangi kemerahan dan peradangan dan ditemukan secara alami dalam gandum dan jelai. Jika jerawat Anda cenderung meninggalkan bekas gelap pada kulit Anda, cobalah produk yang menggunakan asam azelaic untuk membersihkan pori-pori Anda dan mengurangi bintik-bintik gelap yang dihasilkan jerawat. [9]

Gunakan sheet atau masker wajah. Sheet atau masker wajah mengandung senyawa yang menenangkan kulit Anda dan membunuh bakteri. Gunakan selembar atau masker wajah 2-3 kali seminggu selama 15-20 menit untuk mengeringkan kulit Anda dan membersihkan pori-pori Anda. Beli masker wajah dari persediaan kecantikan lokal atau toko obat Anda, atau buat sendiri di rumah.Buat campuran mentimun dan oatmeal. Mentimun membantu mengurangi kemerahan dan melawan bintik-bintik gelap sementara oatmeal melembutkan dan menenangkan kulit yang teriritasi. Campur keduanya bersama-sama dalam food processor sampai membentuk pasta, dan kemudian menerapkannya ke kulit Anda selama 15-20 menit sebelum mencuci dengan air hangat.

Iklan

Gunakan antibiotik resep dan obat-obatan. Obat-obatan tertentu dapat diresepkan oleh dokter kulit Anda untuk membantu kasus jerawat yang sangat buruk, tetapi harus digunakan dengan hati-hati. Seperti halnya semua obat, mungkin ada efek samping yang tidak diinginkan pada sebagian kecil populasi.Pil antibiotik dapat membantu membunuh bakteri yang mungkin menyebabkan jerawat Anda. Antibiotik topikal yang dioleskan langsung ke kulit juga dapat digunakan.Melakukan bentuk khusus pengendalian kelahiran (untuk wanita) dapat membantu mengatur hormon yang mungkin menghasilkan jerawat buruk Anda. Tanyakan kepada dokter kulit Anda apakah ini tampak seperti pilihan yang baik untuk Anda ambil.Dalam kasus jerawat yang sangat merepotkan, obat khusus yang dikenal sebagai accutane dapat diresepkan. Ini adalah pengobatan retinoid yang sangat intens yang telah terbukti hampir sepenuhnya menghilangkan semua jerawat pada pengguna. Namun, ia memiliki efek samping yang paling serius dari setiap obat melawan jerawat dan harus digunakan dengan sangat hati-hati.

Dapatkan facial. Ini tersedia di sebagian besar spa, dan melibatkan penggunaan beberapa pembersih, masker, dan alat ekstraksi yang berbeda untuk mengurangi jerawat di wajah Anda. Jika Anda tidak merasa nyaman dengan memiliki pekerjaan ahli kecantikan di wajah Anda, kunjungi dokter kulit Anda untuk facial yang lebih berorientasi medis.